Menu Utama

Google Search

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday105
mod_vvisit_counterYesterday85
mod_vvisit_counterThis week273
mod_vvisit_counterLast week646
mod_vvisit_counterThis month2680
mod_vvisit_counterLast month3183
mod_vvisit_counterAll days145766

:. RESONANSI .:

MEKANISASI VS PADAT KARYA

Sepanjang republik ini ada, gambaran kemakmuran dan kemajuan sektor pertanian sulit sekali dijabarkan secara rinci. Malahan, stigmatisasi bahwa petani Indonesia adalah wajah kemiskinan dari hari ke hari semakin jelas saja dari waktu ke waktu. Meski ikrar Indonesia sebagai negara agraris dan keberpihakan para penguasa telah dicanangkan, siapapun pemimpinnya, nasib para petani masih berkubang dengan kemiskinan dan kemelaratan. Mereka dijerat dengan persoalan-persoalan di luar akal sehatnya, dari rendahnya harga gabah, kenaikan harga kebutuhan pokok, langkanya pupuk, maupun kekeringan.

Last Updated ( Thursday, 06 August 2009 17:52 ) Read more...
 

SUBSIDI INPUT VS SUBSIDI OUTPUT

Peningkatan kesejahteraan rakyat tidak terlepas dari kinerja sektor pertanian dan ekonomi perdesaan serta ketahanan pangan. Bahkan Presiden SBY sendiri yakin akan hal itu. Namun, keyakinan Presiden ini mendapatkan ujian sendiri, subsidi APBN untuk sektor pertanian dalam arti luas masih jauh dari mencukupi.

 

Last Updated ( Thursday, 06 August 2009 17:52 ) Read more...
 

SWASEMBADA PANGAN DAN KRISIS GLOBAL

Makin hari, populasi jumlah penduduk kita kian meningkat. Data statistik menunjukkan jumlah penduduk Indonesia sampai akhir tahun 2000 lalu mencapai 206 juta jiwa, dengan laju pertumbuhan penduduk rata-rata 1.49%. dengan asumsi ini, jumlah penduduk Indonesia diprediksikan akan berjumlah 239 juta jiwa pada tahun 2010 mendatang. Artinya, kebutuhan pangan dalam negeri diproyeksikan akan terus meningkat. Inilah relevansinya agar kita senantiasa berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan swasembada pangan di tahan air.

 

Last Updated ( Thursday, 06 August 2009 17:52 ) Read more...
 

AGRARIS ATAU MARITIM?

Apakah nenek moyang kita seorang pelaut ataukah petani?

Dalam sebuah acara yang berlangsung di Departemen Pertanian, beberapa waktu lalu, Menteri Pertanian Anton Apriyantono memaparkan oleh-olehnya sekembali dari kunjungannya ke Brasil. Mentan lalu membandingkan profil lahan pertanian kita yang seluas 21 juta hektar ternyata hanya seukuran luas lahan pertanian kedelai di Brasil. “Luas sawah Indonesia sama dengan luas lahan tebu di Brasil, sementara luas ladang penggembalaan sapi di Brasil (220 juta hektar) lebih luas dari seluruh daratan di Indonesia (190 juta hektar),” demikian kata Mentan.

Last Updated ( Thursday, 06 August 2009 17:53 ) Read more...
 

JIWA KEPENDEKARAN

Kenaikan harga pangan dari waktu ke waktu seringkali menjadi topik obrolan yang membosankan. Pasalnya, dalam beberapa bulan terakhir, berbagai macam kebutuhan pangan mengalami kenaikan secara beruntun, mulai dari beras, kedele, sampai minyak goreng. Periode ini seperti mimpi buruk bagi kita semua, khususnya rakyat penghasilan rendah yang menghabiskan seluruh pendapatannya hanya untuk membeli bahan makanan.

Last Updated ( Thursday, 06 August 2009 17:53 ) Read more...
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  Next 
  •  End 
  • »
Page 1 of 2
You are here: Home Resonansi

Lates News

Popular News

Perpadi

Web ini adalah situs resmi Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (PERPADI).