Menu Utama

Google Search

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday3
mod_vvisit_counterYesterday99
mod_vvisit_counterThis week102
mod_vvisit_counterLast week693
mod_vvisit_counterThis month2857
mod_vvisit_counterLast month3499
mod_vvisit_counterAll days139537

PADI EMAS, PENEMUAN BARU IRRI

Apa yang dimaksud dengan Padi Emas (Golden Rice) ?

Istilah Padi Emas diberikan kepada padi yang direkayasa secara genetik dengan beras berwarna kuning-oranye karena mengandung beta-karoten. Tubuh manusia mengubah betakaroten menjadi vitamin A. Varietas Padi Emas yang dikembangkan akhir-akhir ini mengandung suatu gen dari jagung atau tanaman daffodil dan suatu gen dari bakteria tanah (Erwinia). Produk enzim dari gen-gen ini menyebabkan terbentuknya likopen dalam beras yang kemudian diubah menjadi betakaroten dan karatenoid provitamin A lainnya oleh enzim yang terdapat dalam beras.

Di seluruh dunia, diperkirakan 125 juta anak terutama yang berada di negara sedang berkembang menderita kekurangan vitamin A yang menyebabkan kebutaan dan kematian. Satu juta orang meninggal setiap tahun disebabkan oleh kekurangan vitamin A dan malnutrisi. Di sebagian besar negara berkembang ini, beras adalah makanan pokok. Beras yang disosoh yang umum dikonsumsi masyarakat tidak mengandung beta-karoten atau bentuk lain dari provitamin A dan sangat sedikit mengandung mikronutrisi lain seperti besi dan seng.

Kapan Padi Emas Bisa Ditanam di Lahan Petani?

Varietas Padi Emas terbaru yang telah dikembangkan oleh swasta di Amerika Serikat kurang cocok untuk dikembangkan di Asia. IRRI dan anggota Jaringan Kerja Padi Emas lainnya (India, Filipina, Cina, Bangladesh, Vietnam, dan Indonesia) telah mulai melakukan pemuliaan sifat tadi ke varietas yang cocok untuk Asia. Pengujian di Asia di lahan petani telah dimulai pada tahun 2008. Setelah melalui berbagai uji lapang yang lebih luas serta memenuhi persyaratan keselamatan hayati (biosafety), varietas yang cocok untuk Asia ini baru bisa dilepas untuk ditanam secara luas. Proses ini memerlukan waktu beberapa tahun.

Apakah Padi Emas akan Lebih Mahal daripada Padi Biasa?

Teknologi yang terlibat dalam pengembangan Padi Emas diberikan secara gatis oleh para
penciptanya (Ingo Potrykus, ETH-Zurich dan Peter Beyer, Univ. Freiburg) yang menggunakan donasi untuk ijin hak intelektual dari beberapa perusahaan swasta. Dengan demikian, tidak akan ada biaya ekstra guna memperoleh benih tersebut dari IRRI untuk digunakan secara lokal. Petani pun bisa menyimpan benihnya untuk digunakan bagi pertanaman berikutnya.

1.jpg 2a.jpg

Last Updated ( Wednesday, 18 August 2010 15:31 )  
You are here: Home Berita Latest PADI EMAS, PENEMUAN BARU IRRI

Lates News

Popular News

Perpadi

Web ini adalah situs resmi Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (PERPADI).