Menu Utama

Google Search

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday81
mod_vvisit_counterYesterday141
mod_vvisit_counterThis week598
mod_vvisit_counterLast week1009
mod_vvisit_counterThis month3016
mod_vvisit_counterLast month3852
mod_vvisit_counterAll days127149

PERKEMBANGAN HARGA BERAS DI PIBC

Harga grosier beras terutama beras yang banyak diperdagangkan di Pasar Induk Beras Cipinang selama kurun waktu 3 (tiga) bulan terakhir (Februari – April) mengalami penurunan. Penurunan yang paling signifikan (selama kurun waktu Pebruari – April) terjadi pada jenis beras Muncul I dan Muncul II masing-masing sebesar Rp. 723,-/kg atau mengalami penurunan masing-masing sebesar 10,2 % dan 11 %. Beras jenis IR-64 juga mengalami penurunan meskipun tidak sebesar jenis beras Muncul.

Beras jenis IR-64 II dan IR-64 III mengalami penurunan masing-masing sebesar Rp. 487,-/kg dan Rp. 470,-/kg atau masing masing sebesar 7,9 % dan 8,5 %.  Sedangkan penurunan harga yang paling rendah terjadi pada jenis beras IR-42 yaitu hanya sebesar Rp. 78,-/kg  atau 1 %.

Penurunan ini ditengarai disebabkan karena melimpahnya pasokan beras karena bersamaan dengan musim panen raya disamping penyerapan pengadaan Perum Bulog yang agak rendah.  Rendahnya pengadaan beras Perum Bulog karena ketatnya penerimaan terkait dengan pemeriksaan kualitas beras. Pengetatan penerimaan kualitas beras Perum Bulog disebabkan karena banyaknya keluhan yang disampaikan oleh konsumen (masyarakat miskin) penerima beras Raskin. Penurunan harga grosier beras di PIBC diikuti dengan penurunan harga eceran beras yang banyak diperdagangkan dikonsumsi di tingkat konsumen.

Last Updated ( Sunday, 09 May 2010 06:11 )  
You are here: Home Berita Latest PERKEMBANGAN HARGA BERAS DI PIBC

Lates News

Popular News

Perpadi

Web ini adalah situs resmi Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (PERPADI).